PROPOSAL USAHA “Toko buku”

PROPOSAL USAHA
“Toko buku”




DI SUSUN OLEH :
              Nama: sri wahyuni
               Kelas: 2 tkj 3


                  SMKN 1 LILIRIAJA
                          2012/2013




 
Kata pengantar
      Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT karena atas limpahan rahmat dan hidayahnya sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini.     
Meskipun proposal usaha ini jauh dari kesempurnaan tapi minimalnya masih bisa di jadikan bahan diskusi dan kami berterima kasih kepada ibu guru yang telah membimbing kami. Sehingga kami dapat menyelesaikan proposal usaha ini.
      Kami sadari bahwa proposal usaha ini masih banyak kekurangan, maka kami mengharapkan kritikan dari para pembaca, sehingga proposal usaha ini menjadi lebih baik.

    Akhir kata semoga proposal usaha ini bisa bermanfaat untuk kita semua.
    
                                                                                     

  Sumber jati, 4 juni 2013
                                                                  
                                                                                                Sri wahyuni





DAFTAR ISI
Sampul.................................................................................................................................i
Kata pengantar....................................................................................................................ii
Daftar isi.............................................................................................................................iii
BAB I PENDAHULUAN
A.    Latar belakang...................................................................................................1
B.     Tujuan pendirian usaha.....................................................................................1
C.     Manfaat usaha...................................................................................................2
BAB II DESKRIPSI USAHA
A.    Identifikasi usaha..............................................................................................2
B.     Rencana lokasi...................................................................................................2
BAB III PRODUK
A.    Aspek produk...................................................................................................3
B.     Aspek keuntungan............................................................................................3
C.     Aspek pemasaran..............................................................................................4
D.    Aspek keuntungan atau permodalan.................................................................5
BAB IV PENUTUP
A.    Kesimpulan.......................................................................................................6
B.     Saran.................................................................................................................6








  BAB I
PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG
         Buku merupakan suatu sarana belajar yang sangat penting. Buku adalah pusat ilmu, pusat informasi yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Zaman semakin hari semakin maju dan canggih, maka di sini kehadiran buku semakin penting dan semakin dibutuhkan. Tanpa adanya buku-buku yang memadai maka masyarakat tersebut akan kekurangan informasi dan akan ketinggalan zaman.
Untuk memajukan tingkat pendidikan dan meningkatkan wawasan masyarakat, maka perlu adanya sebuah toko buku yang menyediakan buku yang dibutuhkan oleh masyarakat di sekitarnya. Juga dengan pelayanan dan pendekatan yang dilakukan kepada konsumen diharapkan bisa menarik dan menumbuhkan rasa suka untuk baca buku yang merupakan suatu hal yang sangat mendominasi di zaman yang semakin maju ini.
          Satu hal yang melatarbelakangi pendirian toko buku ini adalah masih kurangnya  toko  di SUMBER JATI ini. Kehadiran toko buku yang sekarang, dirasa terlalu jauh, nah dengan adanya toko buku ini, masyarakat tidak perlu jauh-jauh untuk mencari buku. Bagaimana masyarakat akan maju apabila di Sumber jati ini tidak ada toko buku yang memadai dan mencukupi kebutuhan masyarakat akan buku. Maka dari itu perlu adanya toko buku yang memadai dan bisa menyediakan berbagai macam buku yang ada, sehingga masyarakat Sumber jati tidak perlu direpotkan lagi untuk pergi ke Soppeng.

1.2 TUJUAN PENDIRIAN USAHA
            Pendirian usaha toko buku ini mempunyai tujuan-tujuan yang ingin dicapai selama proses usaha dilakukan. Diantaranya adalah sebagai berikut:
1) Menambah jumlah toko buku di Kabupaten Soppeng.
2) Menjadi toko buku yang menarik dan membuat konsumen tertarik.
3) Memberikan kemudahan bagi siswa untuk mendapatkan buku-buku yang dibutuhkan.
4) Mendapatkan keuntungan dengan sistem yang bersimbiosis mutualisme.
5) Menjadi toko buku yang mengerti kebutuhan konsumen.
6) Menjadi toko buku yang akrab dan membuat nyaman konsumen.

1.3 MANFAAT USAHA
            Manfaat yang akan diperoleh daripada membuka usaha toko buku ini akan sangat berguna bagi dunia pendidikan. Dengan dibukanya usaha ini, saya berharap supaya:
1. Masyarakat Kabupaten soppeng
 tidak mendapatkan kesulitan lagi untuk mendapatkan buku   
     yang  diinginkan.
2. Masyarakat Kabupaten soppeng menjadi tertarik terhadap buku dan diharapkan akan menjadi
    rajin membaca.
3. Masyarakat Kabupaten soppeng menjadi masyarakat yang maju dengan pengetahuan dan
 
    pendidikan yang tinggi.
4. Masyarakat Kabupaten soppeng tidak ketinggalan akan kemajuan dunia pendidikan dan  
    teknologi,

                                               















                    BAB II
                       DESKRIPSI USAHA
2.1. IDENTIFIKASI USAHA
       1. Nama perusahaan : TOKO BUKU GAUL”
       2. Pemilik perusahaan : SRIWAHYUNI
       3. Bentuk perusahaan : Perseorangan (Wiraswasta)
       4. Bidang usaha : Penjualan dan pendistribusian buku
       5. Tempat usaha : SUMBER JATI
       6. Jumlah tenaga kerja : 4 orang

2.2. ASPEK KEUNTUNGAN
                Keuntungan adalah salah satu tujuan yang terpenting. Tapi yang lebih penting adalah mendapatkan konsumen yang sebanyak-banyaknya dengan memberikan kepercayaan dan kepuasan yang sebesar-besarnya bagi konsumen. Diantaranya adalah memberikan pelayanan yang terbaik dengan membuat suasana akrab dengan konsumen layaknya seorang teman. Dan memberikan kesempatan apabila ada konsumen yang ingin melihat-lihat buku dan bertidak seperti tidak mengawasi pada waktu mengawasi karena bisa membuat konsumen merasa canggung dalam memilih buku. Adapun keuntungan-keuntungan yang bisa membuat usaha ini berkembang adalah sebagai berikut:
1. Sistem tabung buku
    Tujuan sistem ini adalah agar konsumen bisa tertarik untuk membeli buku dengan sistem  
    menabung ini karena sistem ini sangat mempermudah konsumen dalam memenuhi kebutuhan    
    akan buku. Dengan sistem seperti itu akan banyak konsumen yang tertarik dan akan menjadi         
    langganan. Maka dengan begitu toko akan mempunyai banyak langganan yang akan membuat
    banyak keuntungan.
2. Bekerjasama dengan sekolah-sekolah
    Inilah yang akan memberikan banyak keuntungan yang besar karena sekali transaksi akan  
    terjual buku dalam jumlah yang banyak.



2.3. ASPEK PRODUK
            Produk yang dijual adalah buku. Dan buku yang dijual terdapat beberapa jenis dan jumlah awal buku yang akan dijual oleh masing-masing jenis diantaranya adalah sebagai berikut:
1) Buku pelajaran tingkat SD, SMP, dan SMA/SMK berjumlah 150 buku;
2) Lembar kerja siswa dan buku-buku latihan soal berjumlah 50 buku;
3) Buku tentang keagamaan berjumlah 50 buku;
4) Buku tentang komputer berjumlah 100 buku;
5) Novel berjumlah 50 buku;
6) Buku cerita anak berjumlah 50 buku;
7) Buku yang lain berjumlah 50 buku.
     Adapun sumber buku yang akan saya peroleh itu bersumber dari beberapa penerbit buku dan dari beberapa toko buku besar di kota lain seperti di kota Bandung. Penerbit buku yang akan dijadikan sumber produk misalnya Gramedia, Elex Media Komputindo, Ganesha, Mizan, dan lain-lain yang akan difleksibelkan sesuai kebutuhan dan kualitas buku yang dihasilkan.

2.4. ASPEK PEMASARAN
A. Konsumen Dalam memasarkan produk, karena bidang usaha yang dilakukan adalah penjualan  
     langsung ke konsumen dan penjualan secara tidak langsung, maka konsumen yang dituju
     berbeda. Konsumen yang dituju untuk penjualan langsung ke konsumen adalah para pelajar  
     semua tingkatan, mahasiswa, dan masyarakat umum. sedangkan untuk penjualan secara tidak   
     langsung, konsumen yang dituju adalah sekolah-sekolah SD,  SMP, dan SMA/SMK.
B. Persaingan
    Usaha penjualan buku di Kabupaten soppeng masih terlihat belum begitu ramai, tapi memang  
    ada toko-toko buku yang sudah berdiri. Tapi kondisi persaingan antar toko buku di Kabupaten  
    soppeng tidaklah begitu dipermasalahkan, karena jumlahnya masih sedikit dan tempatnya juga
    masih berjauhan. Jadi ada kesempatan besar untuk sukses.
C. Penetapan Harga Produk
    Penetapan harga buku, tergantung dari harga buku dari harga yang diberikan oleh produsen.
    Dalam menetapkan harga buku, akan dibandingkan dengan harga buku di makassar dan harga  
    buku di Kabupaten soppeng pada saat itu, sehingga bisa tahu harga yang seharusnya diberikan  
    untuk sebuah buku. Tapi hal yang paling utama adalah bagaimana harga buku tersebut bisa  
   memberikan keuntungan yang lumayan besar tapi harga tidak terlalu tinggi. Cara menetapkan
   harga produk suatu buku adalah dengan cara sebagai berikut:
A. Penentuan harga   
        Dilakukan dengan menekan harga buku tersebut, biaya transportasi dan konsumsi akan ditekan seminimal mungkin, dengan pembelian buku berjangka dan sesuai pesanan konsumen. Di sini, saya mengusahakan untuk memberikan harga lebih murah dibanding harga buku yang ada di Kabupaten soppeng sendiri walaupun selisih perbedaanya sangat tipis.

B. Strategi Promosi
         Supaya toko buku ini bisa diterima dan dikenal oleh banyak sehingga banyak pelanggan yang tahu dan tertarik membeli dan akhirnya membuat keuntungan besar bagi toko, maka dilakukan strategi dalam mempromosikan toko itu sendiri dan buku-buku yang dijual diantaranya adalah sebagai berikut:
1) Promosi yang dilakukan saat pertamakali membuka usaha adalah dengan memberikan diskon
 
    selama satu minggu sebesar 10% dan disebarkan iklan pembukaan toko buku baru ke setiap  
    sekolah-sekolah dan tempat-tempat di Kabupaten soppeng  dan sekitarnya.
2) Promosi yang kedua adalah dengan langsung menawari pihak sekolah ketika waktu sebelum ajaran
 
    baru (personal selling). Dari toko ada yang bertidak sebagai salesman yang menawarkan buku-buku
    pelajaran dan buku-buku soal (LKS) yang terbaru dan terbaik dengan menyediakan berbagai pilihan  
    buku-buku yang berkualiatas.
3) Promosi di toko langsung, yaitu dengan menempelkan poster buku-buku terbaru.
4) Promosi buku yang tidak ada di toko buku, dengan memberikan data buku-buku yang dijual produsen
    melalui komputer dan booklet yang sumbernya dari internet dan dari penerbit langsung.

C. Sistem Penjualan
1) Sistem penjualan langsung, yaitu dari toko langsung menjual buku yang sudah tersedia.
2) Sistem pemesanan buku, yaitu apabila buku yang diinginkan konsumen tidak ada dan ada di daftar
     buku di komputer ataupun di booklet, maka konsumen bisa memesan dengan memberikan uang muka lebih dulu dan dalam jangka waktu tertentu barang akan tersedia karena menunggu untuk mendaptkan pesanan yang lebih banyak lagi jumlahnya untuk menimalisir biaya transportasi.
3) Sistem penjualan semi langsung, yaitu ke pihak sekolah-sekolah yang bersangkutan dengan pembayaran di akhir.
4) Sistem tabung buku, yaitu memberikan pelayanan simpan uang dimana uang tersebut disimpan/ditabung itu khusus untuk membeli buku yang diinginkan konsumen.

II.6. ASPEK KEUANGAN ATAU PERMODALAN
Pemasukan
1. Sumber modal
a. Modal sendiri Rp. 20.000.000,-
b. Pinjaman kredit dari bank Rp. 5.000.000,-
c. Pinjaman dari pihak ketiga Rp. 5.000.000,-
d. Pinjaman lain-lain Rp. 3.000.000,-
Jumlah Modal Rp. 33.000.000,-Pengeluaran
1. Modal investasi
a. Sewa tempat 50 m2 Rp. 8.000.000,-
b. Komputer + printer + scanner Rp. 5.000.000,-
c. Peralatan kantor Rp. 1.000.000,-
d. Rak buku Rp. 3.000.000,-
Jumlah modal investasi Rp. 17.000.000,-
2. Modal kerja bulan pertama
1) Pembelian produk
a. Buku pelajaran 150 buku; Rp. 6.000.000,-
b. Buku latihan soal 50 buku; Rp. 1.000.000,-
c. Buku keagamaan 50 buku; Rp. 1.500.000,-
d. Buku komputer 100 buku; Rp. 1.500.000,-
e. Novel 50 buku; Rp. 1.000.000,-
f. Buku cerita anak 50 buku; Rp. 1.000.000,-
g. Buku yang lain 50 buku. Rp. 1.000.000,-
Jumlah Rp. 13.000.000,-
2) Biaya transportasi Rp. 300.000,-
3) Biaya upah 4 orang X Rp. 500.000,- Rp. 2.000.000,-
Jumlah sisa Rp. 700.000,-

II.2. ASPEK LOKASI
1. Lokasi usaha Lokasi usaha Toko Buku Parahyangan adalah di Jl. Pangeran Hidayatullah No. 60 Kabupaten soppeng. Lokasi dipilih karena tempat itu merupakan tempat yang sangat strategis dalam membuka usaha toko buku. Lokasi itu selalu dilalui oleh pelajar dan mudah dijangkau oleh banyak orang karena banyak mobil umum yang melintas di daerah tersebut.
2. Denah Tempat Usaha









II.3. ASPEK MANAJEMEN
             Toko Buku  YUNI tidak hanya berkecimpung dalam usaha menjual buku secara langsung ke konsumen seperti toko-toko buku lainnya. Toko ini juga berkecimpung dalam distribusi buku ke sekolah-sekolah, jadi menambah beban kerja usaha ini. Maka usaha ini sangat memerlukan sistem manajemen yang handal dan rapih. Dan inilah sistem manajemen di Toko Buku Parahyangan.
1. Struktur Organisasi







Keterangan:
= membawahi, memimpin, mengatur

= merangkap sebagai

2. Tugas dan Wewenang
a. Pemilik usaha
Tugas pemilik usaha/pimpinan adalah mengkoordinasi, mengontrol kinerja karyawannya, dan membeli buku dan peralatan. Wewenangnya adalah berhak menentukan segala yang menyangkut tentang usaha.
b. Sekretaris yang juga berperan sebagai karyawan
Tugasnya sebagai sekretaris adalah mencatat segala keperluan yang menyangkut tentang usaha seperti mencatat presensi karyawan dan mencatat buku yang terjual dan terbeli. Kalau tugasnya sebagai karyawan adalah menjaga toko, membereskan dan merapihkan toko, mendistribusikan buku-buku ke sekolah-sekolah. Oleh 2 orang.

c. Bendahara yang juga berperan sebagai karyawan
Tugasnya sebagai bendahara adalah mencatat buku yang terjual dan terbeli, mencatat pemasukan dan pengeluraran. Kalau tugasnya sebagai karyawan adalah menjaga toko, membereskan dan merapihkan toko, mendistribusikan buku-buku ke sekolah-sekolah. Oleh 2 orang
3. Jadwal Kerja
a. Tanggal pembukaan : Senin, 3 Juli 2006,
b. Jam kerja : 08.00 – 21.00 WIB,
c. Jam istirahat : waktu sholat,
d. Pergantian waktu kerja : 14.00 WIB (waktu kerja dibagi 2)
e. Hari Libur : Jumát dan hari libur nasional,
        Waktu kerja dibagi menjadi dua waktu dengan 2 orang setiap bagiannya. Untuk mendistribusikan      
buku ke sekolah-sekolah dilakukan setiap waktu sesudah ujian akhir semester di setiap sekolah dan      
waktu untuk lainnya di fleksibelkan. Waktu kerja untuk mendistribusikan dilakukan setiap harinya,
jadi waktu kerja di toko bergantian tiap harinya kalau waktu pendistribusian tiba.




                                         BAB III
                                        PENUTUP

          Demikianlah proposal usaha “Toko Buku YUNI” yang merupakan dasar bagi usaha yang akan didirikan. Semoga dengan dibuatnya proposal usaha ini dapat menjadikan usaha yang akan didirikan menjadi usaha yang berhasil dan berjalan baik.
Penyusun sadar bahwa masih terdapat banyak kesalahan dalam penyusunan proposal usaha ini. Maka dari itu penyusun ingin meminta maaf yang sebesar-besarnya atas kesalahan yang dilakukan baik dalam penyusunan sistematisnya, ketidaklengkapannya, dan dalam kesalahan mengetik.
Semoga apa yang diharapkan dari penyusunan proposal ini dapat terwujud dengan baik. Terimakasih dan wassalammuáliku warahmatullahi wabarakatuh.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar